Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin - Kalimantan Selatan | Media Informasi & Transpransi Peradilan Agama Kalimantan Selatan

Statistik

Jumlah Pengunjung :
933647
Pengunjung Hari Ini :
7
User Online :
1
Terakhir Update :
28-11-2016

Pendapat Anda

Pencarian


  • Web
  • PTA Banjarmasin
  • Pilih Bahasa

    Kalender Hijriah

    Selasa
    2
    Zulhijjah
    1439 H
    Agenda Satker

     

    Situs Pilihan

    Aplikasi Online

    hitung waris online

    legislasi.gif

    legislasi.gif

    rkakl-online.png

    rkakl-online.png

    sai-online.png

    sikep.png

    portal perkara

    Interaktif PTA

    ptwp link_mari.gif

    Aplikasi Perpustakaan online

    Sosial Network

     

    Tata Cara Pelayanan Informasi

    A. Umum

     

    1.   Prosedur pelayanan informasi di pengadilan terdiri dari:

    a. Prosedur Biasa; dan

    b. Prosedur Khusus.

     

    2.   Prosedur Biasa digunakan dalam hal:

    a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau

    media elektronik;

    b. Informasi yang diminta bervolume besar;

    c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau

    d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk

    dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus

    tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara

    tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat

    ijin dan diputuskan oleh PPID.

     

    3.   Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung

          dan informasi yang diminta:

          a. Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;

          b. Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah

          tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah

          diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);

          c. Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau

          d. Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk

          penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

     

    4.   Alasan permohonan informasi yang dibuat Pemohon tidak dapat dijadikan

          alasan untuk menolak pemberian informasi.

     

    5.   Petugas Informasi wajib membantu Pemohon informasi dalam mengajukan

          permohonan.

     

    6.   Khusus informasi untuk mendapatkan fotokopi putusan Mahkamah Agung baru

          dapat diminta setelah putusan tersebut diterima oleh para pihak yang

          berperkara atau setelah 1 (satu) bulan sejak putusan tersebut dikirimkan oleh

          Mahkamah Agung ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding.

     

    B. Prosedur Biasa

     

    Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa dilakukan sesuai

    dengan skema alur dalam gambar berikut:

     

     Klik Gambar Untuk Memperbesar

     

    1.   Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan

          dan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan

          Model A dalam Lampiran III).

     

    2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan

          dalam Lampiran IV).

     

    3.   Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada

          Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang

          diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.

     

    4.   Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID

          apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya

          membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.

     

    5.   PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang

          Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.

     

    6.   Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID

          menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal

          permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan

          Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V).

     

    7.   Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID

          meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari

          dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk

          mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam

          Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga)

          hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani,

          dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan

          Tertulis PPID dalam Lampiran VI).

     

    8.   Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana

          dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya

          dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.

     

    9.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin

          melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk

          menggandakan atau tidak informasi tersebut.

     

    10. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi

          tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas

          Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda

          Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII).

     

    11. Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy),

          Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke

          email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan

          dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.

     

    12. Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan

          memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang

          termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka

          waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.

                                        

    13. Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12

          selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan

          selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.

     

    14. Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk

          mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir

          dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.

     

    15. Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon

          menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

     

     
    C. Prosedur Khusus

          Proses pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur khusus, mengikuti

          skema alur dalam gambar berikut:

     

     Klik Gambar Untuk Memperbesar

     

    1.   Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format

          Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII).

     

    2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan

          dalam Lampiran IV).

     

    3.   Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja

          terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya

          perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk pengandaannya.

     

    4.   Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID,

          Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan

          informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir

          permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B

          dalam Lampiran VIII).

     

    5.   Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi

          kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk

          Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15.

     

    6.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin

          melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk

          menggandakan atau tidak informasi tersebut.

     

    *. Sumber : SK KMA NOMOR 1 - 144/KMA/SK/1/2011

     

    Petugas :

    Nama :

    1. Tri Riasari Mahenda, S.Kom.

    2. Norhidayah, S.Sos.

    3. Happy Artha Pramada Wardani, S.Kom.

    4. Nursila  Sari, S.Sos.

    Nomor kontak pihak-pihak yang bertanggung jawab atas pelayanan informasi bisa di hubungi di nomor di bawah ini:

    Telp.0511-3252319, Fax. 0511-3253742,

    email : administrator@pta-banjarmasin.go.id

    Total akses : 9271